Total Tayangan Halaman

Minggu, 11 Desember 2011

windows 98

Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.
Windows 98 mengundang kontroversi saat Microsoft memasukkan penjelajah web Microsoft Internet Explorer ke dalam sistem operasi dan tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer dan GUI Windows mampu menampilkan direktori seolah-olah halaman web. Hal ini membuka kasus baru, yang disebut sebagai Amerika Serikat versus Microsoft, yang menanyakan mengapa Microsoft repot-repot menjaga dominasinya di dalam sistem operasi komputer pribadi untuk berkompetisi dengan para pesaingnya seperti Netscape dan IBM dengan cara yang tidak jujur.

Windows 98 memiliki kesamaan antar muka (interface) dan fitur dari Windows 95, tetapi juga menyertakan update berikut ini:

• 32-bit allocation system (FAT32) yang tidak hanya mengijinkan drive hard disk lebih besar dari 2GB, tetapi juga penggunaan disk space yang lebih efisien, mengijinkan file untuk di-load lebih cepat dan mengambil tempat yang lebih sedikit; FAT32 dapat membaca drive hard disk sebesar 2TB (2000GB)
• Dukungan untuk peripheral Universal Serial Bus (USB)
• Dukungan untuk WebTV (sejak saat itu berubah menjadi MSN TV)
• Dukungan untuk lebih dari satu monitor
• Microsoft Web Server
• Microsoft Task Scheduler

Beberapa fitur ini juga tersedia dalam versi Windows terbaru (dikenal dengan OSR2) yang telah didistribusikan dengan PC baru pada tahun 1998. OSR2 tidak pernah tersedia untuk penjualan ritel.
Pada 1999, Microsoft merelease Windows 98SE (Second Edition), yang meningkatkan Windows dan juga ditambahkan fitur sebagai berikut:
• Dukungan untuk DVD-ROM
• Internet Explorer 5
• NAT untuk berbagi koneksi Internet
• Windows NetMeeting 3
• Internet Connection Sharing (ICS)
• Meningkatkan waktu startup untuk program
• Meningkatkan dukungan USB
Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan kernel 16-bit/32-bit, dan masuk pada famili Windows 9x.



Keungulan Windows
Seperti yang telah disebutkan, Windows adalah sistem operasi yang user-friendly.
Tampilannya begitu bersahabat bagi para pengguna. Selain itu, dukungan hardware yang
lengkap, banyaknya aplikasi yang diperuntukkan bagi platform Windows
semakin melengkapi nilai tambahnya.
Kekurangan Windows
Windows juga memiliki sisi kurang yang cukup mencolok. Sistem operasi
ini adalah sistem operasi yang rentan akan penyakit. Windows mudah
sekali tertular virus. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan adanya
vendor-vendor software
yang merilis antivirus bagi Windows. Sebut saja Norton dan AVG. Meski
demikian, perkembangan virus komputer terus berlanjut layaknya
virus-virus di dunia nyata. Mereka semakin banyak dan ganas. Siap kapan
saja menginfeksi komputer Windows.
Terlepas dari sisi teknis, harga lisensi Windows juga terbilang sulit
dijangkau oleh masyarakat Indonesia kebanyakan. Versi bajakan memang
murah, tetapi itu bukanlah pilihan bijak. Dengan membeli versi bajakan,
sama saja kita telah mendanai para kriminal tersebut mengembangkan
usaha mereka. Dan kita telah menjadi sponsor setia dalam melanggengkan
tindak tanduk mereka.
Windows telah ada semenjak 80-an. Ketika itu, OS ini berpenampilan
minimalis dan berkesan kartunis. Tidak ada efek tiga dimensi dan
resolusi gambar yang terlalu rendah. Namun, sebagai sistem operasi yang
user-friendly,
membawanya sebagai sistem operasi yang banyak diminati oleh orang.
Jenis-jenis Windows sendiri antara lain Windows 95, Windows 98, Windows
2000, Windows Me, Windows NT, Windows XP, dan Windows Vista.
Windows mendukung sistem berkas partisi dengan format FAT, FAT16,
FAT32, NTFS, juga iso9660.
Ciri-ciri Windows 98
  • Integrasi Internet Explorer dengan Windows Explorer - Windows Explorer disepadukan dengan Internet Explorer bagi memudahkan navigasi Windows Explorer. Integrasi dengan Internet Explorer juga membolehkan laman web dibuka terus dari tetingkap Windows Explorer, serta membolehkan gambar latar belakang berformat GIF atau JPEG digunakan (sebelum ini Windows 95 hanya menyokong imej latar belakang berformat BMP sahaja).
  • Internet Explorer dan Outlook Express - Windows 98 menyertakan perisian pelayar Web Internet Explorer 4.0 (IE 5.0 bagi Windows 98 SE) dan perisian pembaca e-mel Outlook Express secara percuma.
  • Desktop Aktif - Desktop Aktif membolehkan pengguna Windows 98 meletakkan laman web pada desktop serta membolehkan pengguna menggunakan laman web ataupun fail imej berformat JPEG atau GIF sebagai imej latar belakang. Versi awal Windows 98 turut disertakan beberapa saluran laman web utama.
  • Sokongan terhadap USB, DVD dan AGP - Windows 98 menyokong USB serta beberapa teknologi multimedia seperti AGP dan DVD. Sebelum ini, sokongan terhadap teknologi USB mula diterapkan di dalam Windows 95 OSR2, tetapi versi berkenaan hanya didapati dengan pembelian komputer baru dan tidak dijual berasingan.
  • Bar alatan Pelancar Pantas - Bar tugasan Windows 98 turut disertakan dengan bar alatan Pelancar Pantas (Quick Launch) yang mengandungi perintah memaparkan desktop (dan menyembunyikan kesemua program yang dibuka) iaitu butang Show Desktop, butang Internet Explorer dan Outlook Express (dimansuhkan di dalam Windows XP tetapi boleh ditambah secara manual). Bar Pelancar Pantas ini dikekalkan di dalam semua versi Windows yang lebih baru.
  • Windows Update - Windows Update membolehkan pengguna memuat turun fail-fail penampal (patches) bagi pepijat yang tersembunyi serta bagi menyelesaikan beberapa isu seperti keselamatan kepada Windows. Windows Update memerlukan pengguna menggunakan Internet Explorer.
  • DirectX - DirectX adalah perisian khas oleh Microsoft bertujuan untuk memastikan kelancaran kad grafik pengguna, terutama ketika bermain permainan komputer.
  • Sokongan terhadap cakera keras yang lebih besar - Versi-versi terdahulu Windows menggunakan sistem fail FAT16 yang hanya menyokong saiz cakera keras sehingga maksimum 2 GB, tetapi Windows 98 yang menggunakan sistem fail FAT32 menyokong cakera keras yang lebih besar, dan saiz fail maksimum yang dibenarkan ialah 4 GB





FUNGSI-FUNGSI TERSEMBUNYI DALAM
Di dalam windows 98 terdapat Fungsi-fungsi yang tidak dijelaskan di dalam Help-Topics dan juga tidak dapat ditemukan dalam buku manual dari Windows 98 sendiri, Padahal dalam program-program yang tersembunyi dan dalam parameterparameter yang baru tersebut terdapat banyak hal yang bermanfaat.
Para peneliti telah melakukan penelitian dan investigasi secara intensif untuk membongkar rahasia-rahasia yang ada di dalam sistem operasi baru ini. Dan dari penelitian tersebut, ditemukan banyak hal yang menjadikan Windows 98 menjadi dapat lebih banyak membantu dan dapat dikonfigurasikan dengan lebih baik lagi.
Lalu bagaimana cara menemukan fungsi-fungsi yang tidak didokumentasikan itu? Memang seperti telah dikatakan sebelumnya, beberapa fungsi telah dilupakan pada saat buku manual Windows 98 ditulis. Sedangkan beberapa fungsi lainnya sengaja disembunyikan oleh produsennya karena alasan yang tepat. Sebab jika fungsi tersebut disalah-gunakan, maka dapat berakibat fatal. Misalnya jika modul system FORMAT melakukan pemeriksaan tanpa adanya pertanyaan konfirmasi apakah benar-benar akan diaktifkan, maka data-data pemakai yang penting kemungkinan besar bisa menjadi hilang

Berikut adalah 50 Tips yang tersembunyi d dalam Windows98:
1. 7 TIP UNTUK KONFIGURASI
Harddisk-cheking otomatis menjalankan IE dengan cepat...
1. Menyembunyikan modul-modul Control Panel
Biasanya Windows 98 telah menyembunyikan beberapa modul pada Control Panel. Kita bisa melihatnya pada file "Control.ini" yang terdapat di direktori "C:\Windows". Buka file tersebut dan pada baris "[Don't load]" tercantum modul-modul yang disembunyikan. Semua program yang Kita lihat pada Control Panel mempunyai ekstensi *.CPL dan berada di direktori "C:\Windows\-System". File-file *.CPL ini bias Kita temukan melalui tulisan "Control Panel extension" pada kolom Type. Salah satu contoh adalah modul Display Properties yang mempunyai nama file "desk.cpl". Jika Kita ingin menghindari akses ke dalam Display Properties, maka tuliskan "desk.cpl=no" ke dalam entri-entri yang ada di dalam file "Control.ini".

2. Memisahkan Internet Browser dari Windows Explorer
Modul inti dari Internet Explorer dalam Windows 98 bukan hanya berperan penting ketika melakukan surfing di Internet saja, tapi juga turut berperan sebagai Windows Explorer mulai dari fungsi pengaturan file hingga desktop. Jika selama berlangsungnya sesi Internet, web browser Anda tiba-tiba mengalami crash, maka Windows Explorer juga akan mengalami gangguan dan bias mengakibatkan sistem operasi menjadi tidak stabil. Oleh karena itu akan bermanfaat, jika Anda menjalankan sesi Internet di dalam proses tersendiri dan memisahkan browser dari Windows Explorer. Jalankan Internet Explorer, lalu masuk ke menu "View | Internet Options". Klik tab "Advanced" dan aktifkan pilihan "Browse in a new process".

Windows 98 yang lebih stabil: Aktifkan pilihan yang ditandai dan selanjutnya crash atau error yang terjadi di dalam Internet Explorer tidak akan merugikan system operasi Anda (Tip 2).



3. Menjalankan Internet Explorer secara offline dengan lebih cepat
Kita dapat menjalankan Internet Explorer secara offline untuk membuka halaman HTML atau file GIF animasi, sekaligus menghilangkan pertanyaan mengganggu yang tampil mengenai hubungan Dial- Up Networking. Buatlah shortcut Internet Explorer pada desktop, lalu pada akhir baris perintah tambahkan perintah "-nohome" setelah tanda kutip. Contoh, "C:\Program Files\Internet Explorer\IEXPLORE.EXE" -nohome. Selanjutnya ketika Kita menjalankan Internet Explorer, browser akan aktif lebih cepat tanpa menampilkan pertanyaan Dial-Up Networking atau meload sebuah halaman web.

Quick-start: Parameter "- nohome" dapat menghindari tampilnya pertanyaan Dial-Up dan pesan kesalahan (kiri), sehingga IE dapat berjalan dengan lebih cepat lagi ( Tip 3).


4. Mengubah data registry belakangan
Bila Kita ingin menggunakan fasilitas online-update dari Windows 98, Kita harus meregistrasikan Windows 98 terlebih dahulu melalui Internet. Data pribadi seperti nama alamat e-mail, dan spesifikasi teknis konfigurasi komputer Kita akan disimpan di dalam database registry pada key "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\UserInformation". Apabila pada saat mengisi data pada form registrasi, Kita tidak ingin meneruskan informasi mengenai konfigurasi komputer Kita kepada Microsoft, maka pada entri di dalam registry akan terlihat sebuah key kosong (misalnya Monitor Color Depth = ""). Sebelum mengirimkan form registrasi Windows 98, Kita masih dapat memeriksa sekali lagi atau mengubah keterangan yang Kita buat di dalam registry dengan menggunakan Registry Editor "REGEDIT.EXE".

5. Memperbaiki dan mengubah informasi lisensi
Jika ketika menginstalasikan Windows 95 atau Windows 98, nama yang Kita
masukkan kurang lengkap atau bahkan salah, maka ketika Kita menginstalasikan kebanyakan program, nama yang salah itu akan ditampilkan di dalam informasi lisensi Hal ini tentunya menjengkelkan. Untuk mengubah atau memperbaikinya, jalankan Registry Editor lalu cari key "HKEY_-LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion". Di jendela sebelah kanan klik ganda entri "Registered Owner" lalu sesuaikan dengan keinginan Kita. Dengan cara yang sama, Kita juga bisa mengubah informasi lisensi lainnya

6. Mempengaruhi proses booting dan memeriksa harddisk secara otomatis
Dalam Windows 98, file MSDOS.SYS tetap mempunyai peran penting. MSDOS.SYS
adalah file konfigurasi yang entri-entrinya berpengaruh besar terhadap proses booting. Contoh, dalam file ini dapat ditentukan, apakah sistem operasi harus memboot ke layar permukaan grafis (bootGUI=1) atau hanya baris perintah saja yang akan dijalankan (bootGUI=0). File ini di-writeprotect, maka sebelum
Kita membuka dan mengedit file tersebut dengan Notepad, lepaskan protect-nya terlebih dahulu. Klik file MSDOS.SYS dengan tombol kanan mouse lalu pilih Properties dan hilangkan tanda cek pada pilihan "Read-only". Salah satu entri lain yang ada dalam file MSDOS.SYS adalah "Autoscan=1" (di bagian bawah). Entri ini sudah ada sejak versi Windows 95 OSR2. Apabila Windows 98 diakhiri/di-restart tanpa prosedur yang benar, misalnya dengan menekan tombol Reset atau "Ctrl+Alt+Del", maka pada saat booting parameter ini akan menjalankan Scandisk secara otomatis untuk memeriksa harddisk dan memperbaiki kesalahan. Walaupun memperlambat proses booting, tapi proses ini sangat penting untuk menghindari terjadinya kerugian data terutama pada file-system seperti FAT 32. Jadi parameter ini sebaiknya tetap diaktifkan dengan menuliskan angka "=1".
Proses Start: Melalui sedikit perubahan dalam file MSDOS.SYS, Anda dapat mempengaruhi proses booting ( Tip 6).

7. Tidak menyimpan halaman web yang dienkripsi ke dalam cache
Pada saat Kita berbelanja online di Internet dan mengetikkan informasi-informasi yang bersifat rahasia seperti misalnya nomor kartu kredit dan mengirimkannya, tentunya Kita tidak ingin jika data-data ini bias dibuka atau dibaca oleh orang lain. Jika komputer yang Kita gunakan juga digunakan oleh orang lain, maka sebaiknya Kita mengambil jalan aman saja. Di dalam jendela Internet Explorer pilih menu "View | Internet Options" dan kemudian klik tab "Advanced". Dalam simbol Security aktifkan pilihan "Do not save encrypted pages to disk".

Windows 98 SE
Pada 5 Mei 1999, Microsoft melancarkan Windows 98 Second Edition (SE). Ia mengandungi fail-fail tampalan bagi kebanyakan isu kecil, menyediakan sokongan USB yang lebih baik serta disertakan dengan perisian Internet Explorer 5 dan Windows Media Player 6.
Windows 98 SE menggunakan format baru bagi pemacu peranti yang dikenali sebagai Windows Driver Model (WDM) bagi menggunakan format lama, VxD. Ini membolehkan pemacu peranti yang menggunakan piawaian WDM digunakan pada Windows 98 walaupun ketika pengeluar tidak membangunkan pemacu peranti yang optimum untuk Windows 98.
Keperluan sistem
Kitaran jangka hayat produk
Pada asalnya, Microsoft bercadang untuk menamatkan sokongan terhadap Windows 98 pada 16 Januari 2004, tetapi popularitinya yang berterusan (27% daripada pengunjung laman web Google sepanjang Oktober-November 2003 menggunakan Windows 98) telah memaksa Microsoft untuk melanjutkan tempoh sokongan produk sehingga 11 Julai 2006, serentak dengan penamatan sokongan terhadap Windows Me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar